Sosialsasi penyakit DBD dari PUSKESMAS GEYER 2

Senin 17 pebruari 2020 ada pertemuan yang diadakan oleh Puskesmas Geyer 2 yang difalitasi oleh Pemerintahan Desa Bangsri yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Geyer 2 (Edy Sucipto) dan jajarannya ,dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan (Gunawan Cahyo Utomo.MPH) sebagai nara sumber .

Dijelaskan juga tentang penyakit yang lagi trending topik yaitu penyakit CORONA yang saat ini terjadi di cina khususnya wuhan dan juga negara -negara tetangga….yang jadi pertanyaan apakah indonesia berpotensi terkena virus tersebut,,,yang pasti berpotensi …tapi semoga aja tidak terjadi di negara kita.. virus Corona menyerang paru paru dengan sangat cepat sehingga mematikan…dengan gejala demam,batuk ,pilek,dll.

Kembali kepada topik utama yaitu tentang penyakit DBD yang banyak terjadi di musim penghujan ,,kenapa …? ya karena seperti yang kita ketahui bahwa DBD disebabkan oleh Virus Dengue yang di tularkan oleh nyamuk aedes aegypti yang berkembang biak di musim penghujan melalui air bersih yang ada disekitar kita.

Selain itu musim penghujan selain berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti juga (pembawa virus Dengue) juga ada nyamuk lain yang biasanya pembawa penyakit cikungunya yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegopictus maka diharapkan kesadaran masyarakat untuk berprilaku sadardiri dalam hal kebersihan lingkungan untuk membersihkan dan selalu nengecek genangan air di lingkungan masing masing seperti tandon air,tampungan air kulkas,tampungan air di galon dan kaleng kaleng bekas ,ban bekas dan lain lain dilingkungan kita

Lakukan 3 M; Menguras dan menyikat,Menutup,Memanfaatkan barang bekas.agar perkembangan Nyamuk Aedes Aegypti dan Nyamuk Aedes Algoppictus dapat ditekan dan lakukan PSN dengan 1 keluarga 1 jumantik,artinya setiap rumah tangga mempunyai kwajiban PSN durumah masing masing secara terstruktur dan terorganisir yang dilakukan secara serentak dan berskala semisal setiap hari minggu atau hari lain sesuai kesepakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *